fbpx
Saudagar WP

Managed VPS Hosting: Website Kencang Tanpa Ribet

Salah satu hal yang paling mempengaruhi kecepatan website adalah hosting yang Anda gunakan. Jika website Anda sudah memiliki banyak trafik dan mulai terasa lambat, beralih ke VPS hosting merupakan solusi tepat.

Dengan menggunakan VPS hosting, Anda akan mendapatkan performa yang jauh lebih baik dibandingkan shared hosting biasa. Tapi, perlu dicatat, menggunakan VPS hosting membutuhkan kemampuan teknis mengelola server.

Anda harus meluangkan waktu untuk belajar melakukan konfigurasi server seperti instalasi operasi sistem, control panel, pengaturan keamanan hingga monitoring. Ini tentunya sangat merepotkan, terlebih jika Anda adalah seorang pebisnis dan belum memiliki tim teknis khusus.

Kabar baiknya, saat ini telah tersedia Managed VPS hosting yang menawarkan performa tinggi tanpa harus mengerti teknis. Anda akan mendapatkan semua kelebihan VPS hosting tapi dengan kemudahan seperti shared hosting.

Apa itu Managed VPS hosting? Apa kelebihannya dibandingkan VPS hosting biasa. Yuk, baca artikel ini hingga selesai untuk menemukan jawabannya.

Perbedaan Shared Hosting, Unmanaged VPS, dan Managed VPS

Sebelum kita membahas lebih dalam tentang Unmanaged VPS, yuk kita kenali dulu jenis-jenis hosting yang umum digunakan saat ini.

1. Shared Hosting.

Shared hosting merupakan layanan hosting yang paling banyak digunakan harga yang murah dan mudah digunakan, bahkan untuk pemula sekalipun. Pada hosting ini, website Anda akan berbagi sumber daya yang sama dengan website lain dalam satu server.

Jika salah-satu website yang memiliki lonjakan traffic, maka website Anda juga akan mengalami penurunan performa hingga bisa mengakibatkan website Anda tidak dapat diakses.

Saat melakukan pembelian shared hosting, Anda akan mendapatkan sebuah control panel seperti cPanel atau DirectAdmin. Dari control panel ini Anda dapat mengelola domain, menginstall WordPress, mengirim email, melakukan backup dll.

Menggunakan shared hosting cukup mudah, tanpa harus melakukan memikirkan hal – hal yang terlalu teknis. Jika terjadi masalah dengan server, Anda dapat meminta bantuan pada menyedia layanan.

2. Unmanaged VPS Hosting

Unmanaged VPS Hosting merupakan hosting yang menawarkan sumber daya yang lebih tinggi. Pada VPS Hosting, Anda akan mendapatkan sebuah server virtual dengan sumber daya CPU, RAM, Storage, dan bandwidth yang yang terisolasi dari pengguna lain.

Dengan server yang terisolasi, Anda akan mendapatkan performa yang jauh lebih baik dibandingkan shared hosting, sehingga cocok untuk website yang memiliki trafik yang tinggi atau website yang memiliki fitur yang komplek.

Selain performa yang lebih baik, VPS Hosting juga menawarkan kontrol penuh untuk mengelola server. Anda dapat melakukan konfigurasi server sesuai dengan kebutuhan website Anda

Berbeda dengan shared hosting, saat melakukan pembelian VPS hosting, Anda hanya akan mendapatkan akses server tanpa control panel bahkan tanpa sistem operasi. Anda harus melakukan instalasi Operasi sistem dan konfigurasi server untuk dapat menggunakannya.

Saat menggunakan VPS hosting, Anda wajib mengerti hal-hal teknis seperti instalasi operasi sistem, konfigurasi email, keamanan server, backup dan melakukan monitoring. Saat terjadi masalah pada server, penyedia hosting tidak bisa memberikan support karena Anda bertanggung jawab penuh pada server yang digunakan.

3. Managed VPS Hosting

Managed VPS Hosting merupakan layanan hosting yang memberikan semua kelebihan VPS Hosting tanpa harus melakukan pengelolaan server secara mandiri. Dengan menggunakan Managed VPS Hosting, penyedia layanan akan mengelolah semua server Anda mulai dari instalasi, konfigurasi, backup hingga monitoring server.

Saat melakukan pembelian Managed VPS hosting Anda bisa akan mendapatkan panel untuk mengelola website Anda sama seperti shared hosting. Jenis panel yang digunakan bisa berbeda-beda sesuai yang ditawarkan oleh penyedia layanan.

Managed VPS Hosting menjadi solusi tepat bagi Anda yang menginginkan performa baik tapi tidak memiliki kemampuan teknis untuk pengelola server. Saat menggunakan hosting ini, Anda bisa lebih fokus pada website dan bisnis Anda dan penyedia layanan hosting akan memastikan server Anda akan berjalan normal.

Kelebihan Menggunakan Managed VPS Hosting

Berikut beberapa kelebihan yang Anda dapatkan jika menggunakan Managed VPS Hosting.

1. Tidak Membutuhkan Keahlian Teknis

Dengan Managed VPS Hosting, Anda tidak butuh melakukan konfigurasi dan mengelola server. Tim penyedia layanan telah mempersiapkan, mengelola dan memonitoring server Anda.

2. Mudah digunakan

Anda akan mendapatkan control panel untuk mengelola website. Dari control panel, Anda dapat menambahkan domain, website dan tim dengan mudah.

3. Tersedia backup server

Managed VPS Hosting biasanya telah menyediakan layanan backup secara berkala. Fitur ini Anda tidak akan kehilangan data ketika website Anda mengalami masalah.

4. Dukungan support 24/7

Tim support penyedia layanan akan membantu jika server Anda mengalami masalah kapan saja jika dibutuhkan. Tim dukungan support memastikan server Anda berjalan maksimal setiap saat.

Kekurangan Menggunakan Managed VPS Hosting

1. Harga yang Relatif Mahal

Kekurangan paling utama dari Managed VPS Hosting adalah harga yang terbilang jauh lebih mahal jika dibandingkan Unmanaged VPS Hosting atau Shared Hosting.

Jadi, pastikan sudah melakukan perhitungan yang matang agar biaya yang Anda keluarkan untuk kebutuhan server sebanding dengan dampak yang Anda dapatkan pada bisnis Anda.

Ingat, server adalah salah satu investasi bisnis Anda.

2. Kontrol Terbatas

Dibandingkan dengan unmanaged VPS hosting, Anda memiliki kontrol yang lebih terbatas terhadap server karena semua sudah diatur oleh penyedia layanan. Contohnya Anda tidak dapat memilih operasi sistem atau teknologi server yang akan digunakan untuk kebutuhan tertentu.

Siapa yang Membutuhkan Managed VPS Hosting?

Meskipun Managed VPS Hosting menawarkan banyak kelebihan, tapi tidak semua orang cocok menggunakannya. Berikut saya berikan gambaran untuk menentukan apakah Anda sesuai menggunakan hosting ini.

Managed VPS Hosting cocok untuk:

  1. Pengguna yang memiliki website dengan trafik tinggi yang sudah tidak mendapatkan kinerja optimal menggunakan Shared Hosting.
  2. Pengguna yang ingin beralih dari Shared Hosting ke VPS Hosting tapi tidak memiliki kemampuan mengelola server.
  3. Pemilik website atau bisnis yang tidak memiliki waktu untuk melakukan monitoring server secara berkala.

Managed VPS Hosting tidak cocok untuk:

  1. Pengguna yang memiliki trafik rendah yang masih optimal jika menggunakan Shared Hosting.
  2. Pengguna yang baru saja belajar membuat website.
  3. Pengguna yang membutuhkan akses kontrol penuh atau membutuhkan konfigurasi khusus pada server. Jika Anda membutuhkan akses root, Unmanaged VPS menjadi pilihan yang lebih tepat.

Rekomendasi Layanan Managed VPS Hosting

VPS Hosting cloudways

Salah satu penyedia layanan Managed VPS Hosting yang menarik dicoba adalah layanan dari Cloudways. Pada dasarnya mereka tidak memiliki server fisik sendiri, tetapi mengintegrasikan layanan dari berbagai platform VPS seperti Digitalocean, Linode, Vultr, Amazon Web Services , dan Google Cloud Platform.

Kelebihan Menggunakan Cloudways

Beberapa kelebihan yang akan Anda dapatkan jika menggunakan Cloudways dapat dilihat seperti berikut:

1. Proses Pembelian Mudah

Proses pembelian layanan Cloudways cukup mudah. Anda hanya perlu membuat sebuah akun, kemudian dapat memilih provider server dan menyesuaikan spesifikasi yang dibutuhkan seperti CPU, RAM, Storage, dan bandwidth. Setelah itu, Anda akan mendapatkan akses login ke control panel yang dapat digunakan untuk menginstal dan mengelola website Anda.

Saat melakukan pendaftaran Anda akan mendapatkan 3 hari uji coba gratis, masukan kode kupon “PHCW30” untuk mendapatkan potongan 20% jika Anda ingin melanjutkan menggunakan hosting ini.

2. Panel Kontrol yang Mudah Digunakan

halaman admin cloudways

Cloudways menyediakan panel kontrol dengan tampilan yang sederhana dan mudah digunakan. Dari panel ini, Anda dapat mengelola website, domain, backup, keamanan, dan banyak lagi. 

Tersedia juga fitur monitoring untuk melihat trafik dan penggunaan server Anda. Bagi Anda yang sebelumnya terbiasa menggunakan cPanel, akan sangat mudah untuk beradaptasi dengan panel Cloudways ini.

3. Instalasi Website Mudah

install wordpress di cloudways

Dengan menggunakan Cloudways Anda dapat menambahkan aplikasi atau website hanya beberapa klik. Anda bisa memilih dari berbagai aplikasi populer seperti WordPress, WooCommerce, Magento, dan Laravel. Server akan otomatis dioptimasi untuk aplikasi yang Anda pilih.

Anda juga bisa menambahkan beberapa aplikasi dalam satu server, asalkan server tersebut memiliki kapasitas yang cukup.

4. Tersedia Fitur Website Staging

staging cloudways

Cloudways menyediakan fitur website staging, dengan fitur ini Anda dapat melakukan duplikasi versi live website untuk uji coba perubahan coding atau fitur baru. Fitur ini berguna saat Anda sedang mengembangkan atau melakukan pengujian fitur baru tanpa harus mengganggu website utama. Jadi, website utama tetap online dan bisa Anda tetap berjalan lancar.

5. Skalabilitas Spesifikasi Server

Di Cloudways, Anda bisa dengan mudah meningkatkan dan menurunkan spesifikasi server langsung dari panel kontrol. Fitur ini sangat berguna saat website Anda mengalami lonjakan pengunjung. 

Meskipun beberapa provider server seperti DigitalOcean tidak menawarkan opsi untuk menurunkan spesifikasi, Anda bisa mengatasi ini dengan melakukan duplikasi server dan memilih spesifikasi yang lebih rendah sesuai kebutuhan. 

Dengan menggunakan server yang fleksibel, Anda dapat meningkatkan server di hari-hari sibuk atau saat sedang melakukan promosi sehingga biasa server lebih terkontrol.

6. Harga Murah

Harga VPS cloudways

Cloudways menawarkan biaya server mulai dari $11 perbulan (sekitar Rp. 175.000), Anda akan mendapatkan server DigitalOcean dengan spesifikasi 1 GB RAM, 1 Core CPU, 25 GB penyimpanan, dan 1 TB bandwidth.

Dengan spesifikasi tersebut, Anda bisa menghosting website bisnis, toko online, atau website berita dengan traffic sedang dan menengah.

Biaya yang cukup murah bila dibandingkan menyewa jasa untuk mengelola server unmanaged hosting atau menggunakan layanan managed hosting lainnya.

7. Gratis Uji Coba

Cloudways menawarkan masa uji coba gratis selama 3 hari tanpa harus menggunakan kartu kredit. Dengan memanfaatkan uji coba gratis ini, Anda bisa mencoba semua fitur layanan Managed VPS Hosting.

Coba Managed Cloud Hosting Cloudways – Gratis Trial 3 Hari

Dapatkan diskon 20% untuk bulan pertama dengan memasukkan kode promo: PHCW30

Kesimpulan

Managed VPS Hosting adalah pilihan tepat untuk pemilik website yang membutuhkan performa tinggi, mudah digunakan, dan dukungan tim support yang handal. Dengan menggunakan hosting yang cepat dan bebas dari urusan teknis, Anda bisa fokus mengembangkan bisnis tanpa harus disibukkan dengan masalah server.

Jika Anda saat ini menggunakan shared hosting, saya merekomendasikan untuk mencoba penawaran uji coba layanan Managed VPS Hosting gratis dari Cloudways. Anda dapat langsung membandingkan performa dan kemudahan penggunaannya secara langsung.

Demikian artikel tentang Managed VPS Hosting, jika Anda memiliki pertanyaan, silahkan tinggalkan di kolom komentar.

Bagikan artikel ini:

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

×